Pages

Thursday, February 7, 2013

Radiasi Elektromagnetik Membahayakan Kesuburan Anda

Secara umum, bekerja di kantor tidak berhubungan dengan peningkatan resiko masalah. Namun ada beberapa kondisi di lingkungan kerja Anda yang perlu Anda perhatikan. Misalnya saja, layar komputer/VDT (Video Display Terminal) yang Anda gunakan untuk bekerja. Apakah itu berbahaya? Tampaknya tidak. Namun beberapa peneliti meyakini bahwa wanita yang terpapar VDT selama lebih dari 20 jam seminggu beresiko tinggi mengalami keguguran akibat radiasi elektromagnetik.

Monitor komputer bukanlah satu-satunya sumber radiasi elektromagnetik yang dapat merugikan Anda. Radiasi elektromagnetik dan listrik terdapat di mana-mana. Radiasi elektromagnetik bisa berasal dari menara jaringan transmisi listrik, lampu pendar, dan banyak peralatan rumah tangga. Bahkan peralatan yang bertegangan rendah seperti bantal kesehatan, selimut listrik, pemanggang roti, dan beberapa peralatan lainnya dapat menurunkan tingkat kesuburan Anda dengan cara merusak sel telur atau mengganggu proses ovulasi Anda. Besarnya dampak atau resiko yang muncul dari radiasi semacam ini tergantung pada:
  1. Seberapa sering Anda terpapar sumber-sumber bahaya tersebut?
  2. Kapan Anda terpapar?
  3. Berapa lama?
  4. Bagaimana Anda terpapar?
VDT memancarkan beragam frekuensi medan elektromagnetik. Organisme hidup adalah objek yang paling sensitif terhadap radiasi medan elektromagnetik, terutama selama periode dimana terjadi pembelahan sel secara cepat dalam tubuh. Contoh saat dimana terjadi pembelahan sel secara cepat adalah pada masa kehamilan dan siklus yang terkait dengan reproduksi (perkembangan sperma dan siklus menstruasi). Beberapa langkah antisipasi yang dapat Anda lakukan antara lain:
  1. Jauhkan jarak layar komputer dari tempat duduk Anda untuk mengurangi potensi terpapar medan elektromagnetik.
  2. Batasi penggunaan microwave jika Anda menggunakan model yang lama.
  3. Jika Anda curiga terjadi kebocoran microwave, periksalah segera untuk melihat apakah microwave memancarkan radiasi tak berion.
  4. Tontonlah televisi dari jarak setidaknya tiga meter untuk meminimalkan efek radiasi tak berion yang kemungkinan dapat mempengaruhi kesuburan Anda.
  5. Simpanlah beker elektrik di atas meja, jauh dari tubuh Anda.
  6. Hindari pemakaian selimut listrik atau bantal kesehatan (heating pad).
Artikel Terkait:
Buku Panduan Cara Cepat Hamil
Gaya Hidup yang Menurunkan Kualitas Sperma
Tips Meningkatkan Jumlah Sperma
Cara Cepat Hamil 9 - Waspadai Lingkungan