Pages

Thursday, January 3, 2013

Cara Cepat Hamil 4 - Mengatur Pola Makan

Sudah menjadi pengetahuan umum, gaya hidup dan pola makan merupakan salah satu pondasi kesehatan. Mau tidak mau, ini juga berkaitan erat dengan kesehatan reproduksi kita. Salah memilih makanan bisa membuat mesin tubuh kita rusak, dan keseimbangan tubuh kita akan terganggu, begitu juga sistem reproduksi kita. Salah satu tips cara cepat hamil yang terpenting adalah mengatur pola makan dan gaya hidup Anda.

Tidak sedikit kasus infertilitas yang disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang buruk, dan dapat diatasi dengan memperbaiki keduanya. Untuk itu, pasangan-pasangan yang tengah mencari cara cepat hamil hendaknya mulai menerapkan gaya hidup dan pola makan yang menunjang kesuburan mereka. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu:
  1. Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung Zinc, seperti tiram, daging sapi, ayam, dan kacang hijau. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara defisiensi zinc dengan infertilitas.
  2. Hindari makanan yang banyak mengandung zat kimia tambahan dan bahan pengawet. Semakin banyak zat-zat tambahan yang masuk ke dalam tubuh anda, fungsi organ-organ Anda akan semakin menurun. Jika fungsi organ reproduksi Anda menurun, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan masalah dengan kesuburan Anda.
  3. Kurangi makanan berminyak. Jika Anda menyukai makanan-makanan yang digoreng, mungkin ini saatnya untuk menggantinya dengan makanan yang dipanggang atau direbus. Makanan yang digoreng dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesuburan, baik pria maupun wanita. Selain itu, makanan yang digoreng dapat memicu kegemukan bagi beberapa orang. Berat badan yang berlebih juga tidak baik untuk kesuburan Anda.
  4. Kurangi konsumsi kafein. Para ahli masih berbeda pendapat mengenai efek kafein terhadap kesuburan. Tapi sebagian besar sepakat bahwa mengkonsumsi kafein dalam jumlah kecil tidak membahayakan kesuburan. Batasi konsumsi kafein Anda di bawah 300 mg per hari. Angka ini setara dengan dua atau tiga cangkir minuman kopi. Namun wanita hamil hendaknya lebih berhati-hati. Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 200 mg atau lebih kafein per hari dapat meningkatkan resiko keguguran. Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists, konsumsi kafein di bawah 200 mg per hari tidak meningkatkan resiko keguguran. Selain kopi, kafein juga terdapat pada teh, cokelat, minuman energi, dan softdrink. Beberapa produk herbal dan obat-obat yang dijual bebas juga mengandung kafein, termasuk obat sakit kepala, flu, dan obat alergi. Bacalah baik-baik label kemasannya.
  5. Hindari alkohol. Jika Anda tengah berusaha untuk hamil, sebaiknya hindari dulu segala bentuk minuman beralkohol. Sesekali mengkonsumsi minuman beralkohol mungkin tidak membahayakan kesuburan Anda, namun menurut penelitian, konsumsi alkohol (bahkan dalam jumlah kecil sekalipun) dapat mengurangi peluang hamil hingga 50%.
  6. Perbanyak konsumsi sayuran, terutama sayuran hijau, merah, dan kuning. Sayuran tersebut kaya akan micronutrient seperti antioksidan, yang membantu memerangi radikal bebas yang dapat merusak ovarium (pada wanita) dan juga sperma (pada pria). Kualitas dan kuantitas sperma adalah hal vital bagi pasangan yang ingin cepat hamil.
  7. Perbanyak makan ikan. Minyak omega 3 yang terkandung dalam ikan sangat bermanfaat untuk kesuburan wanita. Namun Anda hendaknya berhati-hati, karena beberapa jenis ikan mengandung zat mercury berkadar tinggi yang dapat merusak sel telur dan embryo yang sedang berkembang. Pilihlah jenis ikan yang memiliki kadar mercury yang rendah, seperti ikan tuna, salmon, mackerel, dan ikan sardin.
  8. Perbanyak konsumsi daging merah. Daging merah kaya akan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat, dan diduga membantu mengurangi masalah ovulasi yang dapat menghambat kehamilan. Pastikan Anda mengkonsumsi daging yang berkualitas dan tidak tercemar oleh hormon buatan.
Semoga tips cara cepat hamil kali ini bermanfaat.

Informasi lengkap tentang pola makan untuk meningkatkan peluang kehamilan Anda dibahas tuntas di Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karangan dr Rosdiana Ramli, SpOg. Pola makan dibahas cukup rinci di buku ini. Anda bisa mendapatkan panduan menu harian yang dapat Anda terapkan untuk melejitkan kesuburan Anda, dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan buah hati yang Anda idamkan. Selamat mencoba!