Pages

Wednesday, January 23, 2013

Gangguan Makan Dapat Menyebabkan Infertilitas

Makanan sehat yang bergizi adalah bahan bakar yang terbaik bagi Anda dan calon bayi Anda. Jika Anda menerapkan pola makan yang bergizi dan seimbang, banyak faktor lain yang akan turut membaik. Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi memang sebaiknya dihindari, namun perlu diketahui, pola makan yang sangat rendah lemak justru dapat menghalangi terjadinya kehamilan.

Sebagian besar wanita menginginkan bentuk tubuh yang dianggap ideal agar tampil menarik. Sayangnya, gambaran yang “ideal” itu tidak selalu sama antara satu orang dengan lainnya. Misalnya, pencitraan di media-media cetak dan elektronik, bentuk tubuh yang ceking tampaknya menjadi favorit di mana-mana. Akibatnya, tidak sedikit juga wanita yang terobsesi untuk memiliki bentuk tubuh ceking seperti para model iklan di TV dan majalah. Obsesi semacam ini bisa menjadi masalah jika mengarah pada pola makan yang ekstrem.

Gangguan makan dan obsesi pada olahraga untuk menurunkan berat badan secara ekstrem dapat menurunkan peluang wanita untuk dapat hamil. Salah satu contoh gangguan pola makan adalah bulimia nervosa. Bulimia nervosa menjadi masalah umum yang makin meningkat di kalangan remaja dan kaum dewasa muda. Gangguan emosional ini biasanya dimulai pada akhir masa remaja. Wujud dari gangguan ini adalah makan secara berlebihan atau makan dengan sangat cepat, kemudian mengeluarkannya kembali dari lambung, baik dengan cara memuntahkan, memakai obat-obatan laksatif, pemakaian diuretik, atau melakukan olahraga aerobik selama berjam-jam.

Banyak penelitian menegaskan pentingnya informasi mengenai riwayat asupan gizi dan gangguan makan dari wanita-wanita yang didiagnosis infertil. Wanita dengan anoreksia nervosa memiliki kadar serum LH dan E2 yang rendah, tumpul terhadap GnRH, kadar kortisol tinggi, dan mengalami gagal ovulasi. Hasil uji thyroid biasanya juga menunjukkan abnormal. Gejala-gejala tersebut juga ditemukan pada wanita yang tidak mengalami menstruasi sebagai akibat penurunan berat badan.

Apabila tubuh Anda kelaparan nurtrisi, maka ini bukan saat yang tepat untuk mengandung bayi yang sehat. Jika Anda memiliki gangguan makan, bicaralah pada dokter Anda. Perawatan untuk gangguan ini akan efektif jika dimulai sejak dini.

Artikel Terkait:
Siklus Menstruasi Wanita yang Tidak Teratur
Cara Cepat Hamil 6 - Menyikapi Siklus yang Tidak Teratur
Cara Cepat Hamil 4 - Mengatur Pola Makan