Pages

Monday, January 7, 2013

Mempersiapkan Tubuh untuk Kehamilan yang Sehat

Jika Anda sedang berusaha untuk hamil, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dalam kondisi yang prima. Kondisi kesehatan yang prima akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil, dan juga mengurangi resiko komplikasi pada saat Anda berhasil hamil nantinya. Kesehatan yang baik dari calon ibu dan ayah akan sangat berpengaruh pada kehamilan dan persalinan yang sehat. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan tubuh Anda menyambut kehamilan yang Anda idamkan:
  1. Perhatikan makanan Anda. Makanlah makanan yang sehat dan seimbang, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan protein. Perhatikan berat badan Anda, karena berat badan yang berlebih ataupun kurang dapat mengurangi peluang Anda untuk dapat hamil, dan dapat berpengaruh buruk terhadap kehamilan Anda. Kurangi kafein, dan hindari mengkonsumsi jenis-jenis ikan tertentu yang mengandung banyak mercury.
  2. Berolahragalah secara teratur. Jika Anda tidak biasa berolahraga sebelumnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai. Ajak pasangan untuk berolahraga, karena kekurangan aktivitas fisik akan berpengaruh buruk terhadap kualitas dan kuantitas sperma. Wanita hamil tidak disarankan untuk memulai rutinitas olahraga apabila jarang berolahraga pada saat sebelum hamil. Karena itu, alangkah baiknya apabila Anda memulai rutinitas olahraga Anda sebelum Anda hamil. Setelah Anda hamil, Anda dapat meneruskan jadwal olahraga Anda, namun tentu saja dengan kapasitas ringan.
  3. Hapus kecanduan. Hilangkan segala bentuk kecanduan seperti nikotin (rokok), alkohol, atau obat-obatan terlarang. Hal-hal tersebut akan sangat membahayakan perkembangan janin.
  4. Konsumsi asam folat. Masukkan asam folat dalam daftar nutrisi harian Anda. Jika Anda sedang mengupayakan kehamilan, konsumsilah asam folat minimum 400 microgram setiap hari. Kekurangan asam folat sering dikaitkan dengan cacat tabung saraf, seperti spina bifida. Asam folat juga sangat dibutuhkan pada masa-masa awal kehamilan.
  5. Kunjungi dokter spesialis kandungan Anda. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan umum untuk memeriksa kesehatan reproduksi Anda, termasuk melakukan pap smear untuk memastikan bahwa Anda terbebas dari infeksi yang berbahaya. Dokter mungkin juga akan meresepkan vitamin-vitamin prenatal yang bermanfaat untuk membantu Anda mengupayakan kehamilan.
  6. Jika perlu, kunjungi juga dokter gigi Anda. Periksakan kesehatan gigi dan mulut Anda sebelum Anda hamil, karena beberapa perawatan gigi dapat berbahaya bagi perkembangan janin apabila dilakukan pada saat Anda hamil.
Rahim Anda akan menjadi rumah bagi janin Anda selama kurang lebih sembilan bulan. Persiapkan tubuh Anda dengan baik, demi kebaikan Anda dan janin.

Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:
Buku Panduan Cara Cepat Hamil
Pemeriksaan Pra-Kehamilan
Bicarakan Riwayat Seksual Anda dengan Dokter
Pastikan Dokter Mengetahui Obat-obatan yang Anda Konsumsi
Perbarui Imunisasi Anda Sebelum Hamil