Pages

Monday, December 31, 2012

Cara Cepat Hamil 1 - Memperbesar Peluang

Beberapa pasangan dikaruniai kemudahan dalam mengupayakan kehamilan. Namun bagi beberapa pasangan lain, mengupayakan kehamilan merupakan sebuah perjuangan yang memerlukan kesabaran. Berikut ini tips cara cepat hamil untuk memperbesar peluang kehamilan Anda:
  1. Hentikan kontrasepsi. Jika Anda sedang memakai kontrasepsi, sekaranglah saatnya berhenti. Setelah menghentikan kontrasepsi, berilah waktu pada tubuh Anda untuk beradaptasi dengan perubahan ini, agar tubuh Anda benar-benar siap untuk menjalani kehamilan. Tunggulah tiga sampai enam bulan sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil.
  2. Perbanyak konsumsi asam folat. Asam folat merupakan komponen penting jika Anda sedang berusaha untuk hamil. Dosis yang dianjurkan adalah 400 microgram per hari, setidaknya dimulai sejak sebulan sebelum mulai mengupayakan kehamilan. Dan setelah Anda hamil, tingkatkan konsumsi asam folat menjadi 600 microgram per hari. Menurut penelitian, konsumsi asam folat dapat mengurangi resiko cacat saraf pada janin. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan suplemen yang sesuai untuk Anda.
  3. Seimbangkan hormon Anda. Zinc, kalsium, magnesium dan vitamin B6 sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Beberapa suplemen herbal juga dapat membantu, namun pastikan Anda telah mendapat persetujuan dokter sebelum mengkonsumsi segala bentuk suplemen herbal.
  4. Perbaiki gaya hidup Anda dan pasangan. Pertahankan berat badan ideal Anda, berolahragalah secara teratur, konsumsi makanan yang sehat, kurangi stres, berhenti merokok, hindari alkohol dan obat-obatan. Hal ini berlaku untuk kedua pasangan. Gaya hidup dan pola makan yang baik akan memperbesar peluang Anda untuk hamil, dan tentunya menjadikan tubuh Anda tempat yang lebih baik untuk tumbuh kembang janin nantinya. Sarankan pasangan untuk mengkonsumsi multivitamin untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Zinc adalah sahabat terbaik untuk sperma.
  5. Perkirakan masa subur Anda dengan baik. Kebanyakan wanita mengalami masa subur di pertengahan siklus menstruasi mereka, yaitu sekitar hari ke-14, namun ini tidak selalu sama untuk semua orang. Ada beberapa cara untuk menentukan masa subur Anda. Untuk hal ini, saya menuliskannya dalam satu posting tersendiri, Bercinta di Masa Subur.
  6. Lakukan hubungan seksual menjelang perkiraan masa subur Anda. Sperma pria dapat bertahan dalam saluran reproduksi wanita selama dua sampai lima hari. Maka, untuk mendapatkan peluang terbaik, lakukan hubungan seksual setiap hari selama beberapa hari menjelang masa subur Anda. Sebagai contoh, jika perkiraan masa subur Anda jatuh pada hari ke-14 dari siklus menstruasi, maka lakukan hubungan seksual pada hari ke-12, 13, dan 14.
Jika kemudian haid Anda terlambat, segera lakukan tes kehamilan untuk mengetahui hasilnya. Ulangi langkah-langkah ini setiap bulan sampai Anda berhasil.
Semoga tips cara cepat hamil ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Panduan selengkapnya untuk meningkatkan peluang Anda agar cepat hamil bisa Anda dapatkan di Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karangan dr. Rosdiana Ramli, SpOg.

Artikel Terkait:
Cara Cepat Hamil 1 - Memperbesar Peluang
Cara Cepat Hamil 2 - Bercinta di Masa Subur
Cara Cepat Hamil 3 - Berat Badan Ideal
Cara Cepat Hamil 4 - Mengatur Pola Makan
Cara Cepat Hamil 5 - Usia Terbaik
Cara Cepat Hamil 6 - Menyikapi Siklus yang Tidak Teratur
Cara Cepat Hamil 7 - Yang Boleh dan Tidak Boleh
Cara Cepat Hamil 8 - Yang Sebaiknya Anda Hindari
Cara Cepat Hamil 9 - Waspadai Lingkungan
Cara Cepat Hamil 10 - Kiat Tambahan untuk Cepat Hamil