Pages

Monday, January 21, 2013

Bicarakan Riwayat Seksual Anda dengan Dokter

Riwayat seksual merupakan faktor penting yang harus Anda diskusikan dengan dokter Anda, di samping menggali informasi tentang cara cepat hamil yang juga dapat Anda dapatkan dari dokter Anda. Apabila Anda aktif secara seksual dengan lebih dari satu orang, terbukalah pada dokter mengenai hal tersebut, dan sebaiknya Anda melakukan tes pemeriksaan untuk penyakit menular seksual (PMS) seperti klamidia, gonore, sifilis, herpes, dan HPV (Human Papilloma Virus). Penyakit radang panggul (Pelvic Inflammatory Disease) yang dapat menyebabkan infertilitas dapat disebabkan oleh klamidia atau infeksi gonokokus. Penyakit menular seksual yang ditularkan semasa kehamilan telah menyebabkan 100.000 bayi meninggal atau memiliki cacat lahir tiap tahunnya.

Setiap tahun, lebih dari 12 juta orang terinfeksi penyakit menular seksual, dan berjuta-juta orang tidak menunjukkan gejalanya sama sekali. Sebagai contoh, klamidia menjangkiti 4 juta  penduduk Amerika setiap tahunnya. Meski demikian, sekitar 70% wanita dan 30% pria yang terinfeksi penyakit ini tidak menunjukkan gejala sama sekali. Kabar buruknya, infeksi klamidia yang pernah dialami di masa lalu pun bisa menjadi penyebab penyakit radang panggul permanen, yang dapat menyebabkan infertilitas, dan menghalangi Anda untuk hamil.

Herpes, sebuah penyakit menular seksual, menyerang satu dari lima penduduk Amerika di atas usia 12 tahun. Penyakit ini disebabkan oleh virus bernama Herpes simplex, dan penularannya terjadi melalui kontak kulit selama hubungan seksual lewat alat kelamin, oral, ataupun anal. Sekitar 70% dari 40 juta penderita herpes kelamin di Amerika Serikat tidak memperlihatkan gejala sama sekali. Herpes tidak menyebabkan infertilitas, hanya menyerupai sariawan di bibir. Namun penyakit herpes yang menjangkiti sewaktu persalinan dapat mengancam jiwa bayi yang lahir. Oleh sebab itu, dokter harus mengetahui infeksi herpes apa pun yang mungkin pernah Anda alami.

Gonore, sifilis, dan infeksi klamidia bisa disembuhkan. Infeksi HIV, herpes kelamin, dan HPV tidak bisa disembuhkan, namun ada beberapa metode perawatan untuk meredakannya. Periksakan diri secara teratur ke dokter jika Anda didiagnosis terinfeksi penyakit menular seksual.

Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh dokter Anda:
  1. Apakah Anda aktif secara seksual dengan lebih dari satu orang?
  2. Pernahkah Anda menerima trrasfusi darah di masa lalu? Kapan?
  3. Pernahkah Anda berhubungan seksual dengan banyak pasangan dalam 5 tahun ini?
  4. Sudahkah Anda dites HIV? Bagaimana dengan pasangan Anda?
  5. Apakah Anda pemakai atau pernah menjadi pemakai obat suntik? Bagaimana dengan pasangan Anda?
  6. Apakah pasangan Anda seorang penderita hemofilia yang belum pernah dites HIV?
  7. Pernahkah Anda menderita penyakit menular seksual? Bagaimana penanganannya dulu? Apakah Anda sedang diobati sekarang ini?
Artikel Terkait:
Pemeriksaan Pra-Kehamilan