Pages

Monday, January 14, 2013

Cara Cepat Hamil 9 - Waspadai Lingkungan

Seperti yang telah saya bahas pada artikel-artikel sebelumnya, ketika Anda berusaha untuk hamil, maka Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, dan mengurangi stres. Dalam artikel ini kita akan bicara tentang bahaya lingkungan terhadap sistem reproduksi kita. Bahan-bahan beracun yang terdapat di lingkungan sekitar dapat berbahaya bagi organ reproduksi dan janin, serta merusak keseimbangan dalam tubuh kita.

Waspadai Bahan-bahan Beracun di Sekitar Kita

Pada saat mengupayakan kehamilan, tiap pasangan sebaiknya sebisa mungkin menghindari paparan racun (toksin) baik yang berasal dari makanan maupun lingkungan. Zat-zat yang sudah kita kenal seperti alkohol, rokok, dan kafein sebaiknya dihindari. Zat-zat racun juga terdapat pada barang-barang yang tampak tak berbahaya, seperti cat, kosmetik, furnitur, dan pestisida. Semuanya mengandung zat-zat kimia yang beracun. Bahkan residu dari zat-zat tersebut dapat masuk ke dalam tubuh kita melalui air yang kita minum, tampon yang kita pakai, atau bahkan udara yang kita hirup! Partikel-partikel yang tak terlihat, seperti sensor radioaktif, gelombang elektromagnetik, atau polutan udara dapat menimbulkan kerusakan yang tidak sedikit pada tubuh kita. Perhatikan cairan pembersih kamar mandi Anda. Pernahkah Anda menghirup uapnya? Jika belum, jangan pernah lakukan. Jika pernah, Anda pasti masih ingat bagaimana paru-paru Anda terasa sesak begitu menghirupnya. Uap cairan pembersih tersebut sangat berbahaya bagi paru-paru dan tubuh Anda. Bayangkan apa yang dapat dilakukan bahan-bahan tersebut terhadap sistem reproduksi kita yang memang rentan. Sebagai contoh, beberapa studi membuktikan bahwa pestisida berkaitan dengan penurunan drastis jumlah sperma pada pria atau binatang jantan. Racun ini juga menyebabkan pubertas dini dan kanker payudara pada wanita.

Jadi, sejauh apa lingkungan luar menghambat proses reproduksi Anda? Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apakah Anda merokok?
  2. Apakah Anda mengkonsumsi minuman beralkohol?
  3. Apakah Anda sering berada di ruang terbuka selama jam-jam polusi udara sedang tinggi?
  4. Apakah Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan?
  5. Apakah Anda terbang lebih dari 10 jam setiap bulannya?
  6. Apakah makanan Anda banyak mengandung zat aditif seperti aspartame?
  7. Pernahkah Anda terpapar bahan-bahan kimia di tempat kerja atau di rumah?
  8. Apakah Anda sering menyentuh pestisida?
  9. Apakah Anda bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama?
  10. Apakah Anda sering terpapar timbel (terdapat pada cat dan pernis)?
  11. Pernahkah anda terpapar sinar-X atau menjalani kemoterapi?
  12. Apakah udara yang Anda hirup terpolusi atau berbau?
Semakin banyak yang Anda jawab dengan “ya”, maka semakin besar resiko gangguan terhadap sistem reproduksi Anda. Berhati-hatilah, karena lingkungan Anda tidak selalu seramah yang Anda kira.

Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan di Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karangan dr Rosdiana Ramli, SpOg. Anda juga bisa berkonsultasi dengan beliau melalui email. Gratis. Klik di sini.