Pages

Wednesday, January 9, 2013

Cara Cepat Hamil 7 - Yang Boleh dan Tidak Boleh

Di antara sekian banyak cara cepat hamil, satu aspek yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah kondisi kesehatan Anda, terutama yang berkaitan dengan organ reproduksi dan kesuburan Anda. Apa saja yang sebaiknya dan tidak sebaiknya Anda lakukan? Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda tahu:
  1. Berolahraga lebih dari tujuh jam dalam seminggu dapat menurunkan jumlah hormon yang Anda perlukan untuk proses ovulasi dan pembuahan. Kurangilah durasi dan intensitas olahraga Anda.
  2. Indeks Massa Tubuh Anda mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peluang Anda untuk hamil. Indeks Massa Tubuh yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.
  3. Stres dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh, mengganggu siklus menstruasi, dan memperkecil peluang terjadinya pembuahan. Kurangi stres Anda. Latihan yoga akan sangat membantu.
  4. Alkohol dalam jumlah kecil sekalipun dapat mengurangi peluang kehamilan seorang wanita hingga  50%. Mengkonsumsi alkohol juga mempengaruhi jumlah sperma dan kadar testosteron pada pria, dan meningkatkan resiko terjadinya cacat lahir.
  5. Asupan kafein dapat meningkatkan resiko perubahan payudara akibat fibrokistik, endometriosis, dan kemungkinan kemandulan pada pria maupun wanita. Batasi konsumsi kafein Anda, maksimal tujuh gram per bulan.
  6. Hindari rokok dan obat-obatan. Semakin banyak Anda merokok, semakin tinggi pula resiko kerusakan pada sel telur, sperma, atau embrio.
  7. Asam folat sangat diperlukan bagi perkembangan janin dalam dua sampai delapan minggu pertama kehamilan. Asam folat banyak terdapat pada pisang, susu, bayam, terung, asparagus, jeruk, lemon, biji matahari, dll.
  8. Mengkonsumsi ikan sangat baik untuk wanita hamil atau yang sedang mengupayakan kehamilan. Namun ingat, hindari ikan-ikan dengan kandungan mercury yang tinggi seperti hiu dan mackerel.
  9. Mengurangi konsumsi makanan olahan dapat membantu mengendalikan kadar insulin pada wanita yang tengah berusaha untuk hamil. Gantilah makanan olahan dengan buah-buahan dan sayuran segar, dan daging rendah lemak.
Gaya hidup yang sehat harus menjadi prioritas bagi semua pasangan yang tengah mengupayakan kehamilan. Mengatur pola makan yang bergizi dan seimbang, mempertahankan berat badan ideal, dan berolahraga secara teratur akan membantu organ reproduksi Anda berfungsi secara optimal, dan mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan yang sehat.

Informasi lengkap bisa Anda dapatkan di Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karangan dr Rosdiana Ramli, SpOg. Anda akan mendapatkan banyak nasihat dari dokter spesialis kandungan yang cukup populer ini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan beliau melalui email. Klik di sini.