Pages

Saturday, January 5, 2013

Cara Cepat Hamil 6 - Menyikapi Siklus yang Tidak Teratur

Melakukan hubungan seksual di masa subur Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil, karena pada saat itulah ovarium Anda melepaskan sel telur matang yang siap dibuahi. Proses pelepasan sel telur ini disebut dengan ovulasi. Wanita pada umumnya mengalami ovulasi satu kali dalam satu siklus menstruasinya, biasanya pada minggu kedua terhitung sejak pendarahan pertama pada haid yang terakhir. Mengenai masa ovulasi dan cara menghitung masa subur, telah saya bahas di post tersendiri, Bercinta di Masa Subur. Dalam tips cara cepat hamil ini, kita akan membahas sedikit tentang bagaimana menyiasati siklus menstruasi yang tidak teratur.

Wanita dengan siklus menstruasi yang teratur akan lebih mudah memperkirakan saat terjadinya ovulasi atau masa suburnya. Sebaliknya, wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam memperkirakan masa suburnya. Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membantu memperbesar peluang Anda untuk hamil..
  1. Hubungi dokter untuk membahas masalah siklus menstruasi Anda yang tidak teratur. Pada beberapa kasus, hal ini bisa disebabkan oleh kondisi medis yang mungkin dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan atau meningkatkan resiko keguguran. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi Anda.
  2. Lakukan hubungan seksual setiap dua atau tiga hari sekali. Anda mungkin kesulitan menentukan masa subur Anda, namun dengan melakukan hubungan seksual secara teratur, ini akan memperbesar peluang bahwa ketika masa subur Anda datang dan sel telur dilepaskan, sudah ada sperma yang menanti dan siap membuahi sel telur Anda. Sperma dapat bertahan di saluran reproduksi wanita selama dua sampai dengan lima hari.
  3. Gunakan alat prediksi ovulasi untuk memperkirakan masa subur Anda. Anda bisa mendapatkan alat ini di apotek. Ikuti petunjuk pemakaiannya. Gunakan alat ini pada saat-saat yang menurut Anda mendekati terjadinya ovulasi. Untuk menentukan perkiraan kasar datangnya masa subur atau ovulasi, bisa Anda baca di bagian Bercinta di Masa Subur. Jika alat prediksi ovulasi menunjukkan hasil positif, maka biasanya Anda akan mengalami ovulasi dalam 24 jam. Lakukan hubungan seksual hari itu juga. Apabila Anda masih mengalami kesulitan, Anda bisa menggunakan alat monitor kesuburan yang dilengkapi dengan sistem komputer. Alat ini memang memberikan gambaran yang lebih akurat, namun Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk alat ini.
  4. Konsultasikan pada dokter apabila Anda belum hamil setelah berusaha kurang lebih satu tahun. Mintalah penjelasan pada dokter, apakah ada faktor-faktor kesehatan lain yang membuat Anda tidak dapat hamil. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan lengkap, membuat diagnosa dan memberikan saran untuk perawatannya.
Sebenarnya Anda tidak harus mengetahui secara tepat kapan Anda memasuki masa subur Anda. Yang terpenting, lakukan hubungan seksual secara teratur dua atau tiga hari sekali. Ini akan meningkatkan peluang terjadinya pembuahan, tak peduli kapan Anda berovulasi.

Informasi selengkapnya tentang kelainan siklus menstruasi bisa Anda dapatkan di Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karangan dr Rosdiana Ramli, SpOg. Informasi dalam buku ini cukup lengkap dan bisa dikatakan sangat otoritatif, mengingat buku ini ditulis oleh seorang spesialis di bidangnya. Anda juga dapat  berkonsultasi dengan dr Rosdiana Ramli, SpOg melalui email. Klik di sini.