Pages

Monday, January 21, 2013

Kelainan Thyroid dan Masalah Menstruasi

Kelainan thyroid terjadi ketika kelenjar thyroid memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon thyroid. Karena thyroid merupakan salah satu komponen dalam sistem endokrin, yang juga berperan dalam mengatur siklus menstruasi, maka kelainan pada thyroid dapat menyebabkan masalah pada siklus menstruasi Anda.

Kelenjar thyroid membantu tubuh dalam memproduksi hormon. Kelainan pada kelenjar thyroid sangat umum terjadi pada wanita. Kelainan ini meliputi hypothyroidism dan hyperthyroidism. Hypothyroidism adalah kelainan thyroid yang paling umum terjadi, yaitu kondisi dimana kelenjar thyroid tidak mampu memproduksi hormon thyroid yang cukup untuk keperluan tubuh. Sedangkan hyperthyroidism terjadi ketika aktivitas kelenjar thyroid melebihi batas normal dan memproduksi terlalu banyak hormon thyroid.

Baik thyroid maupun siklus menstruasi Anda, keduanya dikendalikan oleh sistem endokrin. Sistem endokrin mengatur dan mengendalikan produksi hormon dalam tubuh. Karena siklus menstruasi terkait erat dengan kelenjar thyroid, maka masalah-masalah pada siklus menstruasi sering berhubungan dengan kelainan pada kelenjar thyroid, dan sebaliknya.

Menstruasi yang terlalu awal pada anak perempuan di bawah 10 tahun biasanya disebabkan oleh kelainan fungsi thyroid, terutama hypothyroidism.  Sebaliknya, keterlambatan menstruasi pertama pada anak perempuan di atas 15 tahun biasanya disebabkan oleh hyperthyroidism.

Deras atau tidaknya menstruasi pada wanita juga dapat dipengaruhi oleh kelenjar thyroid. Hyperthyroidism sering menyebabkan aliran menstruasi menjadi lebih ringan, sedangkan hypothyroidism menyebabkan aliran menstruasi menjadi lebih deras.

Frekuensi menstruasi juga sering berkaitan dengan kelainan thyroid. Hyperthyroidism sering menyebabkan jarak antar menstruasi menjadi lebih lama, dan terkadang menyebabkan tidak terjadinya menstruasi sama sekali. Hypothyroidism menyebabkan jarak antar menstruasi menjadi lebih pendek dengan periode yang berlangsung lebih lama.

Beberapa kasus siklus menstruasi yang tidak teratur mungkin menandakan adanya kondisi yang lebih serius daripada sekedar gangguan thyroid. Jika pendarahan yang deras terus berlangsung lebih dari 24 jam, atau jika menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari, sebaiknya Anda segera menemui dokter. Jika menstruasi Anda terasa lebih sakit dari biasanya, atau siklus menstruasi Anda kurang dari 21 hari, atau Anda tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan, segera temui dokter Anda.

Seringkali, jika fungsi thyroid telah kembali normal, masalah-masalah menstruasi juga akan berkurang. Beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur antara lain adalah dengan mengkonsumsi suplemen kalsium dan zat besi, dan tidak lupa mengatur pola makan Anda, dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Artikel Terkait:
Siklus Menstruasi Wanita yang Tidak Teratur
Cara Cepat Hamil 6 - Menyikapi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur
Cara Cepat Hamil 2 - Bercinta di Masa Subur