Pages

Thursday, January 3, 2013

Cara Cepat Hamil 5 - Usia Terbaik

Dewasa ini tuntutan karier, jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau pertimbangan-pertimbangan lainnya membuat banyak wanita memilih untuk menunda kehamilannya. Memang, calon orang tua sebaiknya mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan untuk berusaha mendapatkan momongan. Namun dari sisi kesehatan, ada beberapa batasan yang sebaiknya kita perhatikan.

Dari sudut pandang medis, waktu paling ideal bagi seorang wanita untuk mengupayakan kehamilan adalah di usia 20-an. Pada rentang usia ini, resiko infertilitas ataupun masalah komplikasi masih terbilang rendah. Pada rentang usia ini pula, wanita memiliki siklus menstruasi dan ovulasi yang paling teratur, dengan demikian maka akan lebih mudah dalam menghitung masa subur mereka.

Tingkat kesuburan wanita mencapai puncaknya kurang lebih pada usia 24. Seiring bertambahnya usia, tingkat kesuburan pun ikut menurun. Penurunan tingkat kesuburan ini biasanya dimulai di awal usia 30-an. Mulai usia 37, wanita mengalami penurunan yang signifikan dalam jumlah dan kualitas sel telur dalam ovariumnya. Penurunan jumlah sel telur akan menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh. Menginjak usia 44, hanya sebagian kecil wanita yang masih subur. Seiring bertambahnya usia, resiko timbulnya penyakit-penyakit tertentu juga meningkat. Wanita menjadi semakin rentan terhadap keguguran dan beresiko memiliki embryo dengan kelainan kromosom, yang dapat berbahaya bagi perkembangan janin. Menurut American Pregnancy Association, wanita di bawah 35 tahun memiliki resiko keguguran sebesar 15 persen; wanita dengan usia 35 sampai dengan 45 memiliki resiko keguguran sebesar 20 persen sampai 35 persen; wanita berusia lebih dari 45 tahun memiliki resiko keguguran sebesar 50 persen.

Memang ada beberapa wanita yang bisa mengalami kehamilan di usia 45 tahun, namun secara umum, kehamilan di atas usia 42 tahun tergolong langka. Menurut penelitian, usia rata-rata ibu ketika melahirkan anak terakhirnya adalah 41 tahun.

Anda dapat melakukan banyak hal terhadap tubuh Anda. Anda bisa menghilangkan kerutan di wajah Anda, Anda bisa mengubah warna rambut Anda, Anda bisa tampak sepuluh tahun lebih muda, namun Anda takkan pernah bisa menjadi lebih muda dalam arti yang sebenarnya. Anda tak bisa memutar waktu. Susun kembali prioritas Anda. Jika Anda memiliki banyak pertimbangan lain sebelum mengupayakan kehamilan, pastikan Anda juga mempertimbangkan usia Anda.

Semoga bermanfaat.